konservasi

Konservasi menurut bahasa berasal dari 2 kata yaitu : kon yang artinya bersama , dan s erver yang artinya menjaga , jadi konservasi adalah...

Konservasi menurut bahasa berasal dari 2 kata yaitu : kon yang artinya bersama, dan server yang artinya menjaga, jadi konservasi adalah bersama menjaga. Tujuan diadakannya konservasi antara lain agar bumi kita ini tidak semakin banyak terjadi bencana alam seperti banjir, longsor, gempa, dll dan juga untuk menimbulkan rasa cinta kepada alam sekitar. Lalu Apa sajakah yang perlu kita jaga bersama agar bumi kita yang berusia 2010 ini agar tetap aman dari bencana alam? Tentu saja banyak yang harus kita jaga, namun menurut jenisnya konservasi dibagi atas 3 bagian yaitu :

1) Konservasi darat : konservasi didaratan ini sangat penting karena mahluk hidup yang berada didaratan ini sangat banyak. Dan yang perlu dijaga didaratan antara lain seperti gunung, hutan, dll. karena seperti kita tahu jika gunung gundul maka akan menyebabkan banjir, longsor lalu sawah dan kebun akan megalami kekeringan Karena itu banyak dampak yang akan ditimbulkan apabila hutan, gunung rusak.

2) Konservasi laut : konservasi dilaut ini mencangkup sungai dan danau pula, mengapa laut ini perlu di konservasi? Karena komposisi air lebih besar dari pada daratan yaitu 70% untuk lautan/air dan 30% untuk daratan, maka dareah perairan ini perlu kita jaga terutama dari pencemaran limbah indrustri yang dibuang ke sungai, pencemaran akibat minyak yang tumpah dilautan, dll karena air merupakan salah sumber penghidupan bagi mahluk hidup.

3) Konservasi udara : jenis konservasi ini lebih tertuju pada penyebab yang akan mengakibatkan udara semakin kotor seperti polusi yang dikeluarkan oleh asap knalpot kendaraan atau pun polusi yang disebabkan oleh pabrik – pabrik, yang akan menyebabkan ozon semakin menipis akibat cfc (cloro floro carbon) yang dikeluarkan oleh air conditioner maupun kulkas, konservasi ini pun sangat penting bagi manusia karena banyak dampak yang akan timbul apabila udara yang bersih ini semakin tercemar.

Berbagai cara dilakukan orang agar semua elemen masyarakat dan juga pemerintahan dapat mengerti kondisi alam saat ini dan juga agar dapat mencintai alam, namun tidak sedikit pula orang yang tega merusak alam tanpa memikirkan dampak apa yang akan ditimbulkan di masa depan kelak, diperlukan pemikiran serta tindakan yang matang agar alam kita ini tidak semakin rusak di masa anak cucu kita dan juga agar alam kita ini semakin lestari.

You Might Also Like

0 comments