IKRAR Bermain, dan Berbagi Bersama Anak Yatim dan Piatu

Muhharam adalah salah satu bulan dalam agama Islam, dimana bulan tersebut biasanya diperingati sebagai lebaran anak yatim piatu atau hari r...

Muhharam adalah salah satu bulan dalam agama Islam, dimana bulan tersebut biasanya diperingati sebagai lebaran anak yatim piatu atau hari raya bagi anak yatim piatu.    
 
Dalam memperingati hari raya anak yatim piatu, kami dari IKRAR (Ikatan Keluarga Besar Alumni SMAN 1 Tamansari) membuat acara yang bertema "bermain, dan berbagi bersama anak yatim dan piatu" pada tanggal 01 November 2015. Dalam kegiatan IKRAR kali ini kami mengundang anak yatim dan piatu yang berada di sekitar SMAN 1 Tamansari tepatnya di jalan Jagakarsa RT02/RW 07 Kampung Calobak , kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor  yang di bantu oleh Ibu Euis, beliau adalah koordinator dari warga sekitar yang memperhatikan anak yatim dan piatu di sekitar kampung calobak.


            Persiapan acara bermain, dan berbagi bersama anak yatim dan piatu.




Acara  Bermain, dan Berbagi Bersama Anak Yatim dan Piatu




Ibu Euis selaku tokoh masyarakat dan juga koordinator pengelola anak yatim dan piatu yang berada di sekitar SMAN 1 Tamansari. Dalam kegiatan muhharam kali ini kami akan membuat acara yang berbeda dari acara muharram yang lainnya, acara yang telah disusun diantaranya adalah :

1. Pemutaran film pendek edukasi.
2. Fun games.
3. Donasi.

Dalam pemutaran film pendek edukasi kita menayangkan 2 film, diantaranya adalah :

1. “Bunch of Fives”,
Film animasi bertema lingkungan hidup ini bercerita bahwa bumi ini diibaratkan kura-kura besar yang harus kita jaga, di film tersebut terdapat monyet sebagai tokoh utamanya, tokoh tersebut diibaratkan manusia yang haus akan ketamakan, keserakahan serta ketidakpedulian akan lingkungan sekitar yang mereka rusak, tanpa memikirkan kelangsungan hidup mereka kedepanya, dan di film ini pula akan dilihatkan akibat yang mereka lakukan.

2. “Petualangan Banyu bersama Titik Air”.
Film pendek ini memberitahukan kepada kita proses terjadinya air dari awal sampai akhir, fungsi air untuk mahluk hidup serta himbauan untuk tidak membuang-buang air.





Setelah itu kita mengajak para peserta untuk bermain di  fun games, beberapa permainan yang dibawakan antara lain adalah :

1. Tupai dan pemburu.
2. Berlawan arah.
3. Simulasi hutan.
4. Pipeline.
5. Rubber band.
6. Flying carpet.
7. Water transfer.
















Semua permainan yang diberikan memiliki makna yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, makna yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah :

1. Menubuhkan rasa kerjasama antara tim.
2. Selalu rendah hati.
3. Berbagi dengan sesama.
4. Fokus terhadap apa yang di kerjakan, dan di inginkan.
5. Ulet dalam melakukan sesuatu.
6. Dll.


Setelah anak-anak merasa senang, riang dan gembira kini kita membawa mereka kedalam aula dan acara selanjutnya adalah pembagian donasi, donasi yang di kumpulkan cukup banyak mengingat kita mencari donatur hanya dalam waktu 1 minggu, donasi yang terkumpul kurang lebih Rp 4.500.000,- para donatur pun tidak hanya dari alumni SMAN 1 Tamansari saja dari luar pun cukup antusias untuk berbagi.








Sang koordinator dan pemerhati anak yatim pun merasa senang dengan kegiatan ini, karena mereka, para anak yatim piatu yang terbiasa murung di rumahnya kini dalam acara tersebut mereka ceria dan riang kembali, dan tentunya kami selaku panitia merasa lebih senang dan puas telah berbagi dan bermain bersama mereka.
Dan kesimpulan yang saya bisa sampaikan adalah, berbagilah dengan mereka walau hanya dengan senyuman, sedikit donasi dan sedikit keceriaan karena itu lebih berarti jika anda memberi banyak tapi tidak  dengan hati. Maka dari itu mulailah berbagi bersama. 



               Salam IKRAR (Ikatan Keluarga Besar Alumni SMAN 1 Tamansari)







You Might Also Like

2 comments