ah, macet lagi......

saat anda sedang diburu oleh waktu, namun keadaan lalu lintas yang akan anda lalui begitu macet, lalu apa yang anda lakukan? p...

saat anda sedang diburu oleh waktu, namun keadaan lalu lintas yang akan anda lalui begitu macet, lalu apa yang anda lakukan? pasti anda akan mengeluh, itulah sebagian besar sifat dari para penguna jalan raya yang mengalami kemacetan. mungkin macet sudah menjadi hal yang biasa dari anda, ada yang terbiasa terjebak macet, ada pula ada yang terbiasa melewati kemacetan dengan jalan lain. macet merupakan suatu masalah yang sering diperbincangkan oleh berbagai ahli dari berbagai institusi namun macet selalu saja menjadi suatu hal yang kita temui pada saat berangkat melakukan aktifitas dan pada saat pulang melakukan aktifitas.

akankah kemacetan ini terus menerus menjadi masalah yang sulit dibenahi bagaikan KKN? tentunya sudah banyak kerugian yang diakibatkan oleh macet, lalu kerugian apa sajakah yang disebabkan oleh macet? kerugian yang disebabkan oleh macet diantaranya :

· semakin lama mesin kendaraan dihidupkan semakin cepat habis pula bahan bakar dari kendaraan tersebut, bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan adalah berasal dari alam, dan bahan bakar ini termasuk bahan bakar yang tak dapat diperbaharui, otomatis akan semakin banyak hasil bumi yang diambil, dan semakin besar pula kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh pengambilan bahan bakar tersebut.

· semakin lama kemacetan kendaraan semakin banyak pula gas – gas beracun yang berterbangan didaerah tersebut seperti : co2, dll. apabila seseorang terlalu banyak menghirup gas – gas beracun tersebut maka akan berpengaruh tidak baik kepada paru – paru orang tersebut, dan gas co2 merupakan salah satu gas yang membuat ozon (o3) berlubang dan yang akan menyebabkan efek rumah kaca yang membuat bumi semakin panas.

· macet pun mampu mempengaruhi psikologi seseorang seperti, karena macet total seseorang bisa stress karena kesal menunggu.

· seseorang yang dituntut tepat waktu tentu tidak bisa tepat waktu akibat kemacetan tersebut, dan dampaknya bagi seorang pegawai adalah pemberhentian dikarenakan telat akibat macet, dan bagi pelajar atau mahasiswa adalah tidak bisa mengikuti pelajaran atau mata kuliah karena telat.

dari banyak kerugian tersebut akankah kita mengalami hal ini terus – menerus? memang semua ini adalah tugas dari pemerintah, mungkin banyak kendala yang dihadapi oleh pemerintah sehingga masalah ini belum juga terpecahkan. dan penyebab terjadinya macet diantaranya adalah :

· kendaraan umum yang mencari penumpang dijalan yang tidak cukup besar dan akhirnya menghabiskan sebagian besar jalan dan menyulitkan kendaraan lain untuk melintas.

· pedagang kaki 5 yang berdagang dan menggunakan jalan .

· jalan yang kurang lebar namun dilalui oleh kendaraan – kendaraan besar.

· semakin banyaknya kendaraan namun jalan yang dilalui belum dilakukan perlebaran.

· adakalanya seorang petugas yang menertibkan lalulintas benar – benar bisa menertibkan jalanan, namun kadang kala saat dilakukan penertiban lalulintas, saat itulah terjadi macet.

kesal memang jika kita sedang diburu oleh waktu namun pada saat dijalan raya terjadi macet yang begitu panjang, namun tak ada salahya jika kita sendiri yang mensiasati masalah ini dengan cara kita sendiri, dan beberapa tips dari saya agar bisa mengurangi kemacetan ini :

· perlunya disediakan halte / tempat pemberhentian / tempat mencari penumpang untuk kendaraan umum disisi jalan agar pengguna jalan lain tidak terganggu akibat kendaraan umum yang beraktifitas.

· disediakan tempat khusus bagi pedagang kaki 5 yang masih menggunakan jalan untuk berdagang.

· perlebaran jalan yang masih dirasa kurang lebar.

· pembatasan kendaraan umum / pribadi.

· mulai gunakan sepeda untuk menghindari macet dan untuk mendukung gerakan go green.

· bagi para pengguna kendaraan bisa menggunakan jalan alternative.

· tambahkan lalu lintas alternatif, seperti menggunakan perahu dll.

· dll.

itulah sedikit tips dari saya untuk mengurangi sedikit kemacetan yang sudah menjadi biasa, dan disini saya biasa terjebak oleh kemacetan dan memilih untuk jalan kaki, karena disamping sehat, saya pun tidak merasa kesal akibat kemacetan. semoga kedepannya ada langkah yang lebih konkrit dan lebih terasa oleh kita semua selaku pengguna jalan raya dari pemerintah, dan diperlukan juga sifat yang bijak bagi kita semua agar tidak merugikan pengguna jalan lain.

You Might Also Like

0 comments