rancangan mesin minuman otomatis

Pada semester 5 saya mendapatkan mata kuliah Interaksi Manusia & Komputer (IMK) dimana pada mata kuliah ini saya di suruh membuat kelomp...

Pada semester 5 saya mendapatkan mata kuliah Interaksi Manusia & Komputer (IMK) dimana pada mata kuliah ini saya di suruh membuat kelompok bersama teman yang lain untuk membuat rancangan mesin minuman otomatis. Pada tugas ini saya membuat rancangan mesin minuman otomatis untuk dewasa dan anak – anak.

Dapat dilihat perbedaan rancangan 2 mesin yang saya buat, untuk tampilan rancangan mesin minuman otomatis dewasa saya buat seperti gelas kopi, mengapa saya buat rancangannya seperti gelas kopi? Karena pasti orang dewasa rata – rata minum kopi entah itu kopi murni, kopi susu, kopi mocca, dsb. Dan untuk rancangan mesin minuman otomatis untuk anak – anak adalah binatang panda. Mengapa saya buat tampilan seperti panda? Karena panda terkesan binatang yang lucu, menggemaskan, dan tidak terlalu bahaya.

Untuk tampilan awal pada panda terdapat mesin atm dan juga mesin coin yang berfungsi sebagai alat pembayarannya, dan pada sampingnya terdapat tombol – tombol untuk memilih minuman, dan interface yang pertama kali muncul adalah pertanyaan minuman panas atau minuman dingin, dan kotak disampingnya adalah kotak untuk mengeluarkan minuman yang di pilih. Untuk tampilan gelas kopi alat pembayaran yang dilakukan sama saja bisa menggunakan coin dan juga atm, namun pada saat kotak untuk memilih minuman interface yang pertama kali muncul adalah pertanyaan “anda sakit atau tidak ?” mengapa ada pertanyaan seperti itu karena mesin minuman otomatis ini tidak hanya untuk softdring saja tetapi minuman untuk menyehatkan pun disediakan disini.

gambar ke 2 menampilkan bagaimana proses setelah pembayaran dan pemilihan minuman, untuk yang panda setelah proses pertama selesai lalu proses kedua yaitu mulut panda akan membuka dan mengeluarkan struk (bukti pembayaran) dan minuman tersebut otomatis akan di ambil oleh tangan panda dari perut panda, dengan cara ini akan semakin membuat pelanggan merasa praktis. Dan untuk mesin cangkir kopi, minuman yang dipesan akan keluar beserta struk dari dalam mesin tersebut menggunakan nampan yang akan masuk kembali apabila pelanggan telah mengambil minuman dan struk mereka.

Gambar ke 3 menampilkan rancangan mesin dari samping dimana pada sisi panda terdapat temperature suhu yang nantinya akan menjadi salah satu data yang akan diproses dan menjadi saran untuk memilih minuman panas atau dingin pada interface. Sama pada mesin panda mesin cangkir kopi pun memiliki temperature suhu namun pada mesin cangkir terdapat bagian lain yaitu tombol dan kunci untuk membuka mesin apabila minuman telah habis.

Gambar terakhir menampakan rancangan mesin dari belakang, pada rancangan mesin panda untuk membuka pintu harus menggunakan kunci khusus dan kuncinya terdapat pada ekor panda. Dan untuk mesin cangkir kopi pun sama untuk mengisi ulang minuman otomatis tersebut bisa dilakukan pada belakang mesin namun untuk membuka kuncinya bisa dilakukan pada samping mesin.

Itulah 2 rancangan mesin minuman otomatis yang saya buat semoga suatu hari dapat menjadi kenyataan.

You Might Also Like

0 comments