Pendidikan Lingkungan Hidup

Dalam rangka membantu memperluas Pendidikan Lingkungan Hidup, kami VAS ( Voluntary Action Society ) Volunteer Resort Salak 1 ikut membantu ...

Dalam rangka membantu memperluas Pendidikan Lingkungan Hidup, kami VAS (Voluntary Action Society)Volunteer Resort Salak 1 ikut membantu kegiatan yang dilakukan oleh LSM Suaka Elang untuk memberikan PLH ke beberapa Sekolah dasar yang berada di sekitar Kecamatan Cigombong program ini merupakan kegiatan yang telah di agendakan oleh UPTK Kecamatan Cigombong dalam rangka kegiatan pengenalan Pendidikan Lingkungan Hidup kepada para pelajar sekolah dasar.

Sebelum kami ke sekolah – sekolah untuk memberikan Pendidikan Lingkungan Hidup terlebih dahulu kami menyiapkan semua hal yang diperlukan seperti; laptop, materi tentang PLH, film animasi tentang PLH, infocus, Sound System, souvenir, dsb. Setelah dirasa semua persiapan telah lengkap barulah kami menuju sekolah dasar yang telah ditentukan jadwalnya oleh dinas UPTK.

Setelah sampai tempat tujuan kami tidak langsung memberikan materi kepada siswa – siswa tersebut tetapi kami akan memberikan pratest kepada para siswa terlebih dahulu, setelah itu kami memberikan permainan di luar ruangan tujuan permainan ini adalah agar saat memberikan materi para siswa tidak mengantuk di dalam kelas. Permainan – permainan tersebut seperti di bawah ini.


Seusai permainan di lapangan barulah para siswa tersebut diberikan materi tentang PLH di dalam ruangan kelas, materi tersebut diantaranya adalah flora yang ada di hutan gunung halimun salak , fauna yang ada di hutan gunung halimun salak, hewan – hewan endemik dari pulau jawa, fungsi hutan bagi manusia, materi tentang raptor. Itulah beberapa materi yang sampaikan kepada para siswa tersebut .


Agar membuat para siswa lebih aktif para siswa pun diberikan waktu memberikan jawaban yang diberikan oleh kami dan para siswa pun terlihat antusias ingin menjawab pertanyaan yang kami berikan dan setelah menjawab pertanyaan dari kami, kami berikan sebuah souvenir sebagai hadiah karena telah berani menjawab pertanyaan dari kami. Dan terakhir para siswa diberikan posttest


Sebagai penutup dari acara biasanya kegiatan yang telah kami lakukan di tutup oleh Kepala Sekolah tersebut dan setelah itu pemberian souvenir kepada pihak sekolah. Dan sebagai follow up dari rangkaian kegiatan ini adalah mengundang sekolah – sekolah yang telah dikunjungi untuk mengunjungi balik ke tempat Pendidikan Lingkungan Hidup Yang berada di Resort salak 1.

Ini adalah sedikit upaya untuk mengenalkan lingkungan hidup kepada para siswa tentang pentingnya lingkungan hidup bagi semua mahluk hidup, dan semoga dengan adanya program ini kelak para siswa tersebut semakin mengenal dan mencintai alam sekitar.

You Might Also Like

0 comments