Resort Gunung Salak 1

Resort Gunung Salak 1 terletak di Kampung Loji Desa Pasir Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Resort Gunung Salak 1ini termasuk dalam ...

Resort Gunung Salak 1 terletak di Kampung Loji Desa Pasir Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Resort Gunung Salak 1ini termasuk dalam Subseksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Bogor Luas kawasan ini adalah sekitar 3000 ha setelah melalui penambahan luas kawasan, objek wisata yang ditawarkan di tempat ini antara lain adalah jembatan canopy, camping ground, curug cibadak, kandang display.

di bawah ini adalah jembatan canopy yang panjangnya sekitar 15 meter




ini adalah basecamp relawan dari resort salak 1

Di dalam kawasan resort salak 1 ini terdapat lembaga swadaya masyarakat suaka elang yang mempunyai misi menyelamatkan raptor (burung pemangsa) yang hampir punah, di dalam kawasan ini terdapat 3 kandang yang diperuntukan untuk burung pemangsa yang akan di rehabilitasi untuk dilestarikan. dibawah ini adalah kandang transit yaitu kandang awal dari burung masuk yang akan di rehabilitasi.

ini adalah elang ular bido yang terdapat di kandang transit ini, elang jenis ini termasuk kedalam elang yang terancam punah.

ini adalah kandang rehab, elang yang disini adalah elang yang disiapkan untuk di rilis (lepas liarkan) ke alam liar dan orang yang boleh masuk ke dalam kandang ini hanya kepeer(sebutan untuk pemberi makan elang) elang saja, agar elang terbiasa dengan tidak berhadapan langsung dengan manusia dan elang yang disini diberi makan marmut yang masih hidup tujuan dari kepeer elang memberikan makanan elang yang masih hidup agar elang ini apabila telah dirilis maka elang ini bisa bertahan hidup dialam bebas dan tidak tertangkap oleh manusia.


elang yang terdapat dalam kandang ini adalah elang jawa(spizaetus bartelsi), yaitu elang asli yang berasal dari pulau jawa yang disebutkan sebagai lambang negara Indonesia yaitu garuda, populasi elang ini diperkirakan hanya tinggal 600 ekor dialam bebas.

ini adalah kandang display kandang yang digunakan sebagai sarana pembelajaran langsung untuk penelitian, pengetahuan tentang elang dan elang yang disini adalah elang yang kondisinya tidak dapat dilepas liarkan ke alam bebas karena kondisi elang yang disini telah mengalami kecacatan yang disebabkan oleh manusia, namun ada pula elang yang berubah perilaku menjadi agresif, dan apabila elang menjadi agresif setelah melihat manusia maka elang itu akan dipindahkan kedalam kandang rehab yang nantinya akan dirilis, didalam kandang ini terdapat 4 elang yaitu 1 ekor elang varia, 2 ekor elang ular bido, 1 ekor elang migran.

dibawah ini adalah elang varia yang tidak dapat dirilis yang sedang menikmati makan siangnya.

ini adalah elang ular bido(spilornis cheela) yang kondisi sayapnya dipatahkan oleh manusia sehingga menyebabkan elang ini tidak dapat terbang bebas.

di bawah ini adalah elang brontok(spizaetus cirrhatus), elang jenis ini pun termasuk dalam kategori hampir punah.

ini pun sama jenisnya dengan foto yang diatas yaitu elang ular bido yang sedang menikmati makan siangnya.


pelaturan di dalam kawasan

didalam kawasan ini yang tak kalah menariknya adalah tempat berkemah (camping ground) yang dikelilingi oleh pohon pinus dan udara disini sangat sejuk. lokasi ini dapat menampung sekitar 30 buah tenda dan bagi para pecinta alam, pramuka atau organisasi apapun yang suka akan berkemah namun tak ingin melalui medan yang extrema bisa berkemah disini dan Fasilitas yang bisa dipakai antara lain MCK,Penerangan (listrik.)

Curug Cibadak merupakan salah satu objek utama dari kawasan Ekowisata resort salak 1. Air terjun ini memiliki cabang - cabang yang mengalir dari hulu ke hilir yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Curug Jingkrang. Kegiatan wisata susur sungai ini dapat dilakukan dengan penyusuran di sepanjang aliran sungai dari hulu ke hilir Curug Cibadak. Kondisi areal yang berbatu - batu, terjal dan licin merupakan suatu tantangan tersendiri bagi pengunjung yang senang akan petualangan. Pada pelaksanaannya, pengunjung akan didampingi oleh tenaga ahli pemandu.

You Might Also Like

2 comments