fungsi hutan untuk manusia

Hutan mempunya fungsi yang sangat besar, sangat banyak bagi semua mahluk hidup terutama untuk manusia dan hutan merupakan suatu anugerah bag...

Hutan mempunya fungsi yang sangat besar, sangat banyak bagi semua mahluk hidup terutama untuk manusia dan hutan merupakan suatu anugerah bagi semua mahluk hidup, semua itu perlu kita jaga agar anugerah ini tidak menjadi musibah untuk semua mahluk hidup terutama untuk manusia, adapun beberapa fungsi hutan bagi semua mahluk hidup terutama manusia, diantaranya :

  1. Penyedia kebutuhan manusia seperti :pohon di hutan sebagai penghasil Oksigen (O2) untuk manusia bernafas. pohon di hutan digunakan sebagai kayu yang dijadikan rumah namun sekarang hanya boleh di ambil di hutan produksi saja bukan di hutan lindung. hutan sebagai penghasil obat karena sebagian besar bahan - bahan untuk obat - obatan yang ditemukan oleh para ahli berasal dari hutan, dll.
  2. Mencegah bencana alam : akibat hutan yang ditebang secara tidak resmi (ilegal logging) maka bencana pertama yang terjadi adalah tanah di sekitar hutan yang ditebang tersebut akan longsor. lalu terjadi banjir karena air hujan yang turun tersebut tidak ada yang menahannya semula yang mampu menahannya adalah akar dari pohon. dan setelah itu bencana yang terjadi adalah kekeringan, disini yang akan banyak mengalami kerugian adalah para warga yang rumahnya dilereng gunung namun yang sangat banyak merasakan kerugian dari bencana ini adalah para petani yang memiliki kebun yang berada di sekitar lereng bukit atau gunung karena terjadi kekeringan maka kerugian yang akan mereka dapatkan adalah gagal panen. dll.
  3. Penyedia air : mengapa hutan sebagai penyedia air? karena 1 pohon mampu menampung air sebanyak 1 buah ember sedang, jadi jika di daerah tersebut masih banyak terdapat banyak pohon, maka air yang di dalamnya pun pasti banyak, namun jika di daerah tersebut terdapat sedikit pohon maka dapat dipastikan air yang terkandung didaerah tersebut adalah sedikit.
  4. Penyerap Karbon DiOksida / absorber Co2 : salah satu langkah nyata untuk mengurangi efak dari rumah kaca yang menyebabkan bumi ini semakin panas adalah dengan menanam pohon, karena dari proses fotosintesis pohon mampu menyerap Co2 sebagai makanan mereka dan mengeluarkan berupa zat Oksigen (O2) dan suatu zat yang manis yang sangat berguna bagi manusia yaitu buah.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga hutan dan alam kita yang indah ini, karena hutan ini bukan hanya milik kita saja tetapi milik anak cucu kita dimasa mendatang, salam lestari.....

You Might Also Like

0 comments