Tujuan dan Perbedaan antara Daftar Pustaka, Kutipan, dan Catatan Kaki (Foot Note)

DAFTAR PUSTAKA (Bibliografi) adalah bab terakhir dalam sebuah buku, dalam daftar pustaka ini terdapat semua sumber dan referensi dari buku...

DAFTAR PUSTAKA (Bibliografi) adalah bab terakhir dalam sebuah buku, dalam daftar pustaka ini terdapat semua sumber dan referensi dari buku tersebut yang terikat dan kutip atau dimasukan kedalam buku, untuk penyusunan nama dari pengarangnya harus dibalik yaitu dari nama belakang lalu ke nama depan, dan penyusunan daftar pustaka ini harus berdasarkan abjad.

Tujuannya:

1. Menghormati semua sumber yang dikutip.

2. Agar tidak ada perselisihan antara penulis dan yang dikutp atau sumber.

3. Pembaca mengetahui sumber yang di masukan.

KUTIPAN adalah suatu hasil pemikiran atau pendapat orang yang ada dalam buku, majalah, surat kabar atau media informasi lainnya yang dimasukan kedalam bukunya oleh seorang penulis untuk dijadikan sebuah argument oleh seorang penulis dalam mempertegas tulisannya.

Tujuannya :

1.Sebagai sebuah argument
2.untuk mempertegas tulisan yang kita buat
3.bukti valid

4 .memperbanyak pendapat tentang suatu tulisan

CATATAN KAKI (Foot Note) adalah suatu keterangan sumber dari sebuah kalimat atau beberapa buah kalimat yang dikutip kedalam buku seorang penulis, dari catatan kaki tersebut terdapat nama orang yang dikutip, judul buku, halaman buku tersebut, tahun, dsb. catatan kaki ini berposisi pada bawah kiri dari kata yang dikutip dalam sebuah artikel dan ukuran huruf dari catatan kaki ini kecil sekitar 8 dalam ukuran perangkat lunak yang digunakan untuk menulis.

Tujuannya:

un u untuk mencantumkan nama, judul buku, halaman, tahun dari sumber yang dikutip.

1. untuk menghormati sumber yang dikutip.
2. agar tidak terjadi salah paham antara seorang penulis dan sumber yang dikutip.
3. Menjalankan sesuai prosedur.

Perbedaannya:

Daftar pustaka adalah tempat semua referensi atau sumber ditempatkan.

Kutipan adalah sebuah hasil pemikiran atau pendapat orang lain yang dimasukan kedalam sebuah buku oleh penulis tersebut.

Catatan kaki adalah keterangan dari sumber yang dikutip.

You Might Also Like

0 comments