genangan air

Hari sudah semakin malam yang terasa hanya letih karena sudah melakukan aktivitas selama sehari penuh namun setelah menunggu lama angkutan u...

Hari sudah semakin malam yang terasa hanya letih karena sudah melakukan aktivitas selama sehari penuh namun setelah menunggu lama angkutan umum, dengan cuaca saat turun hujan angkutan umum itu pun mogok akibat mesin dari kendaraan itu tergenang oleh air dari selokan yang meluap dan akhirnya para penumpang pun terlantar ditengah jalan itulah yang saya alami ketika menaiki kendaraan umum pada saat cuaca hujan besar. Akibat tindakan segelintir orang yang semaunya membuang sampah akhirnya orang lain lah yang merasakan dampak dari perbuatan segelintir orang tersebut, seperti yang saya alami tadi saat terjadi hujan yang terjadi selanjutnya adalah banjir karena air selokan yang meluap. ada beberapa hal yang menyebabkan air itu meluap dan terjadi banjir diantaranya :

1. Drainase (aliran air) yang kurang baik atau bahkan buruk, jika drainase itu baik maka secara otomatis jika terjadi hujan tidak akan terjadi genangan air atau banjir karena air mengalir kearah yang tepat dan pada jalur yang tepat.

2. Sampah yang menumpuk, akibat sampah yang menumpuk maka akan menyebabkan banjir karena selokan/got/sungai yang tersendat oleh sampah baik itu sampah organik maupun sampah anorganik, ini adalah salah satu dari tindakan manusia yang merugikan karena dapat mencemari lingkungan, menyebabkan banjir, merusak biota yang berada disungai,dll .

3. Aliran air, maksud dari aliran air adalah jalan yang dilalui adalah daerah aliran air jadi pada saat hujan turun otomatis air yang turun dari hulu ke hilir akan melalui jalan tersebut.

4. Dll.

Dari sebab tersebut terjadilah beberapa akibat yang ditimbulkan, diantaranya:

1. Rusaknya aspal jalan, setelah banjir terjadi maka secara tidak langsung aspal yang digenangi oleh air tersebut terkelupas sedikit demi sedikit dan kemudian menjadi lubang dari lubang yang kecil kemudian menjadi lubang yang besar, salah satu penyebab kecelakaan adalah rusaknya jalan maka jelas pengendara umum lah yang pertama dirugikan karena dapat menyebabkan kecelakaan baik itu kecelakaan yang ringan maupun kecelakaan yang fatal.

2. Kendaraan sering mogok karena mesinnya tergenang oleh air dan otomatis akan banyak mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan kendaraan.

3. Tersitanya waktu, maksudnya adalah dengan adanya banjir ini maka bagi sebagian orang yang akan berpergian harus berhenti sejenak sampai air tersebut surut.

4. Kerugian bagi sebagian pedagang keliling, karena banjir ini secara otomatis pedagang keliling tidak akan berjualan karena banjir dan akibatnya pedagang ini tidak mendapatkan penghasilan untuk keluarganya.

5. Sampah yang menumpuk dipinggir jalan, akibat sampah yang menumpuk dipinggir jalan seusai air itu surut maka akan menyebabkan jalan tersebut banyak sampah dan menyulitkan pengendara dalam berkendaraan dan juga merugikan petugas kerugian karena harus bekerja ekstra untuk membersihkan jalan tersebut.

6. Kemacetan yang panjang dan melelahkan.

7. Dll.

Dari sebab dan akibat atas genangan air tersebut maka akan saya sampaikan sedikit solusi untuk mengurangi banjir atau genangan air tersebut, diantaranya:

1. Jangan buang sampah ke selokan/sungai/got, jika kita masih membuang sampah pada salah satu tempat itu otomatis banjir akan terjadi, alangkah baiknya sampah dibuang pada tempatnya lalu dipilah sesuai dengan jenisnya yaitu sampah organik maupun sampah anorganik lalu sampah – sampah itu didaur ulang.

2. Perbaiki aliran air, agar saat hujan tidak terjadi banjir, periksa kedalamanya dan jika aliran air tersebut banyak sampahnya maka bersihkanlah dan dirasa kurang kedalamnya maka agak perdalam lah kedalamannya.

3. Buat pori – pori, maksudnya adalah membuat lubang – lubang kecil agar saat terjadi banjir air itu bisa masuk kedalam lubang – lubang tersebut atau pori – pori tersebut, metode ini biasanya digunakan diperumahan, taman, yang sifatnya jarang dilalui oleh kendaraan umum.

4. Jika daerah tersebut curah airnya cukup besar atau daerah aliran air maka buatlah saluran ketempat yang lain misalnya ke kolam ikan, kesawah jadi pada saat terjadi hujan tudak akan banjir.

Kini jalan yang saya lalui sedang di perbaiki, namun ada beberapa masalah lain yang timbul yaitu kemacetan, kemacetan ini terjadi karena jalan yang saya lalui ini menggunakan sistem satu jalur, maka otomatis jalannya dibuka satu arah dan arah lainnya ditutup, akibat proyek perbaikan jalan ini segelintir orang memanfaatkannya dengan memungut pungutan liar kepada angkutan umum yang melalui jalan tersebut, walaupun supir itu kesal akibat pungli itu para supir tak bisa berbuat apa – apa, dan dibawah ini adalah foto – foto kemacetan akibat perbaikan jalan tersebut.

Nampak dari jalur yang berlawanan.

diPerlukan tindakan yang tegas oleh pemerintah agar infrastruktur Negara ini benar – benar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas dan tidak menyebabkan kerugian, karena masyarakat telah taat membayar pajak walaupun tidak 100 persen semua masyarakat telah membayar kewajibannya, sebagai warga Negara yang baik, kini giliran pemerintah yang baik memberikan hak kepada masyarakat.

You Might Also Like

0 comments