kecelakan masal oleh alat transportasi masal

Untuk melakukan liburan, untuk melakukan tugas atau pekerjaan, untuk melakukan study banding, dan masih banyak lagi alasan seseorang untu...

Untuk melakukan liburan, untuk melakukan tugas atau pekerjaan, untuk melakukan study banding, dan masih banyak lagi alasan seseorang untuk melakukan berpergian baik itu dengan menggunakan transportasi darat, laut dan udara. dan tak jarang bagi mereka yang sering berpergian dengan jarak yang jauh mereka lebih memilih alat transportasi umum seperti kereta, pesawat, dan kapal laut karena menurut mereka dengan menggunakan alat transportasi masal ini akan lebih efisien, lebih hemat waktu dan hemat uang, dan terlebih mereka tak perlu capek untuk mengendarai karena mereka tinggal duduk sampai dengan tujuan yang mereka tuju.

Begitu banyak orang yang setiap harinya menggunakan alat transportasi masal ini baik itu pria, wanita, tua, muda, miskin, kaya, perorangan, perkelompok, teman, keluarga, mereka semua menggunakan alat transportasi masal ini, namun sadarkah bahwa keselamatan para penumpang bisa saja terancam akibat alat transportasi masal ini, menurut kejadian yang sudah terjadi banyak alasan mengapa alat transportasi masal ini bisa membahayakan para penumpang dan diantaranya adalah :

- kecelakaan tak disengaja :

  1. human error
  2. faktor alam
  3. kendaraan yang tak layak dioperasikan
  4. dll

- kecelakan disengaja

Dari begitu banyaknya pengalaman yang terjadi masih saja ada salah satu penyedia jasa alat transportasi masal yang mengulangi kesalahan itu, sadarkah bahwa nyawa dari para penumpang tergantung kepada mereka (penyedia jasa alat transportasi masal) sungguh tragis melihat mereka menangis histeris karena kehilangan salah satu atau semua anggota keluarganya akibat kecelakan masal itu.

Dari begitu pengalaman yang telah terjadi akan kah kesalahan ini terjadi lagi? memang tidak ada salah satu orang pun yang menginginkan kecelakaan itu terjadi lagi dan lagi, namun apabila para instansi terkait hanya bisa berteori saja tanpa melakukan perubahan yang nyata maka dapat dipastikan bahwa kesalahan ini akan terus - menerus terjadi karena sifat dari benda adalah tidak abadi.

Memang tak sedikit materi yang harus dikeluarkan apabila ingin melakukan perbaikan dari sistem dan juga perbaikan dari elemen yang ada, namun tak apa jika sedikit rugi karena harus membayar lebih agar keamanan dari para penumpang bisa benar – benar terjaga, karena jika terjadi hal – hal yang tak diinginkan akan bisa di pasti lebih rugi walaupun sudah menggunakan asuransi tetap saja nyawa manusia tak bisa dihidupkan kembali.

Dari permasalahan yang ada penulis mencoba membantu instansi terkait dengan menyumbangkan solusi, dan solusi yang dibuat diantaranya adalah :

- kecelakaan tak disengaja

- human error :

untuk mengatasi masalah ini instansi terkait harus benar – benar melatih para pegawainya agar benar – benar mengerti tentang bidang yang mereka kerjakan karena ini bersangkutan dengan hajat hidup orang banyak.

- faktor alam :

salah satu penyebab yang paling sulit untuk di atasi adalah faktor alam, karena keadaan alam terkadang tak bisa dibaca oleh manusia, dan solusinya adalah bahwa instansi terkait harus menggunakan spesialis di bidangnya dan juga mempergunakan alat yang sangat memadai untuk membantu seorang spesialis agar informasi yang didapatkan semakin akurat dan kesalahan yang di dapat semakin sedikit.

- kendaraan yang tak layak dioperasikan :

untuk solusi masalah ini adalah menggantikan kendaraan dengan yang layak untuk dioperasikan, salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terdengar adalah bahwa kendaraan tersebut sudah tak layak dioperasikan atau kurang memenuhi standar keamanan, hal ini kadang kala sering di abaikan oleh instansi tertentu padahal banyak kerugian yang akan timbul akibat masalah ini.

- kecelakaan disengaja

kecelakaan yang disengaja biasanya dilakukan oleh orang tertentu entah itu dengan alat transportasi masal tersebut, di dalam perjalanan, di tempat tujuan, yang perlu dilakukan untuk mengurangi masalah ini adalah dengan meningkatkan kemanan dari mulai tempat pemberangkatan, di perjalanan, di dalam alat transportasi masal tersebut sampai dengan tempat tujuan tersebut.

Dari masalah yang dijabarkan serta solusi yang dijabarkan semoga menjadi saran serta kritik yang membangun agar transportasi di INDONESIA bisa benar – benar aman untuk digunakan serta tidak ada lagi seseorang yang menangis akibat sanak saudaranya yang meninggal akibat kecelakan masal oleh alat transportasi masal.

You Might Also Like

0 comments