sedikit usaha banyak manfaatnya

dalam kehidupan sehari - hari kita pasti sering melihat sampah, membuang sampah baik pada tempatnya atau pun bukan pada tempatnya, intinya a...

dalam kehidupan sehari - hari kita pasti sering melihat sampah, membuang sampah baik pada tempatnya atau pun bukan pada tempatnya, intinya adalah kita sehari- hari pasti menghasilkan sampah. jika gaya hidup seperti tidak dirubah maka akn bnayak menimbulkan kerugian baik pada lingkungan maupun pada mahluk hidup khususnya manusia. mengapa hal tersebut banyak menimbulkan kerugian? kerugian untuk lingkungan yang disebabkan oleh sampah antara lain adalah :
 pencemaran lingkungan baik darat, laut, maupun udara.
• darat : karena lamanya proses penguraian sampah an organik dalam tanah (contoh lamanya penguraian sampah plastik dalam tanah ada yang menyebutkan bahwa lamanya penguraian sampah plastik dalam tanah kurang lebih 100 tahun dan ada pula yang menyebutkan lamanya penguraian sampah plastik dalam tanah dari 10 sampai 12 tahun) maka secara otmatis akn mengganggu bertumbuhnya tanaman, pohon, dll, karena kita tahu bahwa pohon itu banayak sekali fungsinya, antara lain fungsi pohon adalah :
 penghasil o2 (oksigen)
 absorber co2 (karbon dioksida)
 penyerap air : seperti kita tahu fungsi – fungsi pohon digunung adalah sebagai penyerap air, jika pohon digunung tidak ada maka akan menyebabkan banjir, longsor, dan akhirnya adalah kekeringan pada sawah.
 Sebagai tempat berteduh
 Dll.
• Laut : pencemaran akibat sampah yang terjadi di laut maupun sungai akan berdampak pada biota – biota yang ada pada laut atau sungai itu sendiri. Jika kita ingin mengetahui apakah sungai tersebut sudah tercemar limbah atau sampah adalah dengan cara mengambil beberapa binatang – binatang kecil tersebut, jika semakin banyak binatang – binatang kecil tersebut maka kemungkinan sungai itu belum tercemar, tetapi jika binatang – binatang kecil tersebut tidak ada kemungkinan sungai tersebut sudah tercemar, karena hewan – hewan kecil itu tidak bias hidup di dalam air yang sudah tercampur dengan limbah. Dan jika dilaut kita bias lihat jika banyak ikan yang mati maka kemungkinan air laut itu sudah tercemar limbah atau sampah.
• Udara : biasanya udara yang tercemar adalah udara didaerah indrustri seperti di inggris, maupun di bekasi (Indonesia), dan pencemaran udara akibat aktifitas pabrik ini akan menyebabkan udara yang bersih akan tercemar oleh asap pabrik yang kotor dan apabila terjadi hujan didaerah tersebut maka rasa dari air hujan tersebut adalah asam dan biasanya hujan itu disebut dengan hujan asam.
 Dampak pencemaran akibat sampah bagi mahluk hidup khususnya manusia :
• Dapat menimbulkan banyak penyakit
• Mengurangi pendapatan : seperti kita tahu jika kita berdagang tentu pembeli akan memilih penjual yang bersih dari tempatnya, bersih dari barang dagangannya, jika penjual itu jorok seperti membuang sampah pada sembarang tempat tentu pembeli akan enggan membeli barang dagangan mereka.
• Membahayakan nyawa seseorang :
Contohnya adalah salah satu TPA di Bandung yang meledak dan melukai para pemulung yang ada disekitarnya, karena tumpukan sampah itu terlalu banyak sehingga menghasilkan suatu zat yang dapat meledak, selain itupun jika sampah yang menumpuk terlalu banyak maka otomatis jika sampah tersebut itu runtuh maka tempat tersebut akan semakin penuh dengan sampah yang berserakan.
• Dll.
Begitu banyak kerugian yang ditimbulkan oleh sampah, kerugian ini bias kita cegah dan kita perkecil dengan tindakan dibawah ini :
 Buanglah sampah pada tempatnya dan usahakn sampah yang ad di pilah – pilah menurut jenisnya seperi sampah organic, sampah an-organik dan sampah pecah belah, mengapa sampah ini harus dipilah – pilah ? agar sampah ini bias di daur ulang kembali.
 Pergunakan bahan yang ramah lingkungan agar jika kita lupa membuang sampah pada tempatnya, maka sampah tersebut akan mudah terurai oleh tanah. Contohnya adalah denagn menggunakan pembungkus makan alami seperti daun pisang, daun jati, dll.
 Jika belum ada tempat sampah mak usahakan agar membuat atau membali tempat sampah karena walaupun benda ini tidak terlalu berharga namun benda ini sangan penting bagi banyak manfaatnya bagi kita.
 Dll.
Semoga apa yang telah saya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca, maaf jika ada kata yang salah.
Terima kasih.

You Might Also Like

0 comments