MANAJEMEN PERJALANAN

Manajenem perjalanan adalah salah satu tehnik yang digunakan oleh para backpacker, pecinta alam, mahasiswa pecinta alam (mapala) dsb, un...

Manajenem perjalanan adalah salah satu tehnik yang digunakan oleh para backpacker, pecinta alam, mahasiswa pecinta alam (mapala) dsb, untuk berpergian. Manajemen perjalanan berasal dari kata manaj yang berarti mengatur, jadi manajemen perjalanan adalah mengatur perjalanan kita agar sampai tempat tujuan dengan tepat waktu dan pulang dengan tepat waktu dengan keadaan selamat . Dalam manajemen perjalanan ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu :

1) Tujuan : maksud dari tujuan adalah sebelum kita pergi kesuatu tempat kita harus mempunyai tujuan yang jelas, contoh kita akan berpergian ke gunung gede untuk melakukan penelitian dll.

2) Budaya : sebelum kita pergi ketempat yang akan kita tuju ada baiknya kita harus mengetahui budaya dari daerah tersebut. Contoh kita akan pergi ke kampung Naga yang berada di Tasikmalaya, kita harus tahu bahwa disana ada adat istiadat yang pamali ( pamali berasal dari kata sunda yang berati larangan atau tidak boleh) untuk dilanggar, seperti mereka tidak boleh untuk memberitahukan kepada para pengunjung asal usul mereka pada hari rabu, jika kita pergi ke badui dalam kita harus memakai baju hitam dll.

3) Waktu : setelah anda telah mempunyai tujuan dan sudah mengetahui budaya dari daerah yang akan anda kunjungi maka anda perlu memperhatikan waktu perjalanan anda dari mulai berangkat sampai pulang kembali, jadi anda sudah memperkirakan waktu yang dibutuhkan.

4) List / daftar barang : setelah anda telah mempunyai tujuan dan sudah mengetahui budaya dari daerah yang akan anda kunjungi dan anda sudah mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk berpergian hal no. 4 yang harus anda lakukan adalah membuat List / daftar barang yang akan di bawa, dalam membawa barang yang dibawa usahakan bawa yang akan anda pergunakan saja atau seperlunya saja, jangan bawa barang yang berlebihan, contoh : anda akan pergi haiking ke gunung selama 2 hari 1 malam maka anda harus membuat List / daftar barang untuk 2 hari 1 malam saja.

Hal yang terakhir dilakukan adalah cek peking atau mengecek barang – barang yang akan di bawa, dan di bawah ini adalah gambar susunan peking untuk cariel.


Perlu diperhatikan juga bahwa berat maksimal barang yang akan kita bawa adalah 25 – 30 % dari berat badan kita selebihnya itu tidak baik untuk tulang punggung kita.

You Might Also Like

0 comments