Fenomena FACEBOOK yang Fenomenal

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 04 februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg , walaupun Mark Z...

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 04 februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, walaupun Mark Zuckerberg di DO dari HARVAD UNIVERSITY tetapi ciptaannya di bidang teknologi informasi ini mampu membuat dirinya sukses, dan membuat gaya hidup baru di dunia maya, dan karena fenomena facebook yang fenomenal banyak kejadian – kejadian fenomenal yang terjadi akibat situs ini, dan fenomena – fenomena yang terjadi antara lain.

Fenomena - fenomena di Indonesia antara lain :

Ø Terlahir group yang dibuat untuk saling dukung tokoh politik, artis, group band atau apapun yang mereka puja / fans / kagumi seperti gerakan 1.000.000 membela…..,

Ø Acara show di tv menggunakan situs ini sebagai media untuk berkomunkasi antara artis / pembawa acaranya dengan para penggemarnya. Contoh : acara bukan empat ….

Ø Terlahir group yang dibuat untuk saling menjatuhkan / menghina antar parpol, group band dll,

Contohnya : say no to …

Ø seorang penjual batik, mempromosikan batiknya melalui facebooknya dan ini merupakan cara baru selain melalui blog / web

Ø group band terkenal GIGI menciptakan lagu yang berjudul “my facebook” menurut salah satu peuturan personil GIGI ini merupakan kisah nyata dia

Ø Terkuaknya misteri pembunuhan oleh polisi. Ini benar-benar terjadi di negara kita, yaitu kasusnya Pembunuh Maria Fransiska Hellen atau Elen (21) yang tewas di halaman parkir Gedung Pacific Place, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

Ø karena facebook, seorang penyair Sapardi Djoko Damono mendapatkan kembali naskah Syair Inul yang sempat hilang, dan rencananya syair inul itu akan diterbitkan bersama buku kumpulan puisi lainnya

seorang anggota dewan membuka facebook saat rapat paripurna di gedung DPR, mungkin yang ini agak memalukan, karena saat sibuk – sibuknya rapat paripurna anggota dewan ini malah asik melihat – lihat facebooknya.


fenomena – fenomena diluar Indonesia, antara lain :

Ø di Bradenton, Florida, Amerika Serikat. Hanya demi mengecek akun Facebook miliknya, seorang pria berusia 19 tahun merampas sebuah laptop milik seorang pelanggan kedai kopi Starbucks, ternyata dia tidak bisa menggunakan laptop milik si pelanggan untuk mengecek akun Facebook-nya. Pria itu lalu merampas laptop milik si pelanggan dan berlari keluar dari Starbucks, yang berlokasi di sebuah pusat perbelanjaan. Barangkali karena mendengar teriakan si pelanggan yang dirampas laptopnya, dua orang di lapangan parkir lalu menangkap pria itu dan menahannya sampai petugas mal datang. Si pelanggan mendapatkan kembali laptopnya. Pria itu kemudian didakwa melakukan perampokan dengan perampasan tiba-tiba.

Ø gara-gara mengakses facebook seorang karyawan di swiss dipecat.

Ø Terjadinya pembunuhan akibat facebook, dan ini sudah ke 2 kalinya terjadi. Gara-gara sang istri merubah statusnya menjadi single yang menyebabkan sang suami menjadi cemburu.

Dan menurut survei – survei yang dilakuan terhadap facebook adalah :

Ø Dari hasil sebuah survei di Amerika Serikat, ternyata Lebih dari separuh perusahaan AS tak mengizinkan pegawainya membuka jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, atau Twitter, sewaktu mereka bekerja. Sebanyak 54 persen kepala petugas penerangan (CIO) bagi 1.400 perusahaan yang disurvei di seluruh Amerika Serikat mengatakan, pekerja “dilarang sama sekali” mengunjungi jejaring sosial sewaktu mereka bekerja.

Sembilan persen mengatakan semua pegawai diperkenankan mengunjungi jejaring sosial “hanya untuk urusan bisnis”. Sementara, 16 persen mengatakan mereka mengizinkan “penggunaan pribadi secara terbatas”.

Sembilan persen dari mereka yang disurvei mengatakan tak ada pembatasan mengenai kunjungan ke jejaring sosial di tempat kerja.

Survei atas 1.400 perusahaan dengan sedikitnya 100 pegawai itu disiarkan pekan ini dan dilakukan oleh satu perusahaan penelitian independen bagi Robert Half Technology, penyedia profesional teknologi informasi yang berpusat di California. Survei tersebut memiliki margin kesalahan lebih kurang 2,6 persen.

Dave Willmer, Direktur Pelaksana Robert Half Technology, mengatakan, “Penggunaan laman jejaring sosial mungkin mengalihkan perhatian pegawai jauh dari prioritas mendesak mereka sehingga dapat dimengerti bahwa sebagian perusahaan membatasi akses karyawan mereka.” “Namun, bagi sebagian profesi, laman ini dapat disejajarkan dengan perangkat bisnis yang efektif, yang mungkin menjadi sebab mengapa satu dari lima perusahaan mengizinkan penggunaan jejaring itu untuk urusan yang berhubungan dengan pekerjaan,” katanya.

Ø Sebuah riset di inggris menunjukan bahwa orang tua semakin sedikit waktunya untuk anak-anak mereka karena berbagai alasan. Salah satunya karena Facebook. Bisa terjadi sang suami sedang menulis wall, si istri sedang membuat coment di foto sementara anaknya diurusi pembantu.

Ø Menurut penelitian Aryn Karpinski Seorang peneliti dari Ohio State University menyebutkan bahwa 65% mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut dan Yang menariknya lagi adalah 79% dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan situs tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Namun yang terpengaruhi adalah nilai ujian mereka.

Pada tanggal 14 nov. 2009 menurut situs alexa facebook ini merupakan peringkat ke 2 di dunia setelah google dan peringkat ke 1 di Indonesia. Banyak hal – hal terjadi akibat situs ini dan diharapkan agar kita bisa secara bijak saat menggunakan situs ini agar situs ini tidak merugikan kita dalam segala hal.


You Might Also Like

0 comments